UPI YPTK Meluluskan Wisudawan/Wati yang Menjunjung Tinggi Nilai Spiritualitas

Rabu, 23 Oktober 2019

Padang, 22-23 Oktober 2019 Universitas Putra Indonesia YPTK Padang menggelar wisuda periode 1 tahun akademik 2019/2020. Acara wisuda dilaksanakan selama dua hari, diselenggarakan di UPI Convention Center dalam sidang senat terbuka UPI YPTK.

Wisuda

Acara wisuda (Sidang Senat Terbuka) diawali dengan anggota senat memasuki ruangan yang diiringi dengan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Setelah itu pembacaan ayat suci Al-Quran, dzikir asma ul Husna oleh wakil rektor IV Dr. Muhammad Ridwan SE, MM dan doa oleh Jhon Very, MM, M. Kom selaku dekan FKIP. Rangkaian acara ini merupakan kebiasaan dan karakter dari kampus UPI YPTK, dimana setiap acara dan kegiatan selalu diawali dengan rangkaian tersebut.

Wisuda

Wisuda periode I tahun akademik 2019/2020 langsung dipimpin oleh Rektor Universitas Putra Indonesia YPTK, Prof. Dr. SarjonDefit, S. Kom, M. Sc. Dalam sidang senat terbuka tersebut UPI YPTK meluluskan 1404, berarti sampai saat ini UPI YPTK telah meluluskan 43.626 orang alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dan mancanegara. Rektor juga menyampaikan, alhamdulillah Kampus UPI YPTK sudah genap berusia 34 Tahun tepat 16 Mei 2019 yang lalu. Begitu banyak kemajuan dan prestasi baik di bidang akademik, kemahasiswaan dan bidang-bidang lainnya. Pada saat ini kampus UPI YPTK telah membuka dua Program Doktor (S3) yaitu Doktor Ilmu manajemen (S3) dan Alhamdulillah pada hari Kamis 17 Oktober 2019 UPI YPTK sudah menerima SK Program Doktor Teknologi Informasi, dimana merupakan Program Doktor pertama dan satu-satunya di LLDIKTI Wilayah X. Selanjutnya Rektor menyampaikan jumlah dosen yang mendapatkan hibah dan dana yang diterima terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun ini, UPI YPTK menjadi peringkat tiga di lingkungan LLDIKTI Wilayah X dari 256 PTS baik Universitas, Institut, Sekolah Tinggi dan Akademi.

Selanjutnya Rektor menyampaikan UPI YPTK tergabung dalam SEASAC Project, dimana proyek ini didanai oleh Erasmus + dari Uni Eropa dan bekerja sama dengan Turku University of Applied Seciences Finlandia sebagai project leader. Project SEASAC ini merupakan konsorsium dari 12 institusi pendidikan yang terdiri dari 4 Universitas di Eropa, 5 Universitas di Indonesia, 2 Universitas di Thailand dan SEAMOLEC.

Wisuda

Selanjutnya Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Komputer Padang H. Herman Nawas menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan-wisudawati. Ketua Yayasan juga menyampaikan bahwa kunci kesuksesan ada 4 yaitu Yakin atas pertolongan Allah SWT, semangat yang menggebu-gebu, fokus dan patuh. Inshaallah dengan keempat hal ini akan mendapatkan kesuksesan dunia dan akhirat.Pada kesempatan ini juga menyampaikan bahwa kesuksesan para wisudawan/wati pada hari ini merupakan pertolongan Allah SWT dan Doa dari kedua orang tua. Ketua Yayasan juga menyampaikan bahwa ada tiga kebahagian yaitu Kebahagian fisik, kebahagian emosional dan kebahagian spiritual. Diharapkan seluruh wisudawan/wati untuk dapat mengejar kebahagian spiritual, karena Inshaallah dalam kebahagian spiritual ada kebahagian fisik dan kebahagian emosional didalamnya. Beliau juga menyampaikan agar nantinya seluruh wisudawan/wati mencintai Allah di atas segalanya dan mengidolakan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam. Alhamdulillah, setiap waktu shalat semua kegiatan di kampus UPI YPTK dihentikan dan mengutamakan panggilan Allah SWT, untuk yang laki-laki shalat di Masjid. Beliau mengharapkan nantinya akan banyak muncul pengusaha sukses dari kampus UPI YPTK.

Wisuda

Prof Herri selaku Kepala LLDIKTI Wilayah X menyampaikanselamat kepada seluruh wisudawan/watialhamdulilah pada hari ini dapat menyelesaikan perkuliahannya dengan baik dan lancar. Beliau juga menyampaikan selamat kepada kampus UPI YPTK atas keluarnya SK Program Doktor Teknologi Informasi (S3) dan diraihnya akreditasi A pada Program Studi Design Komunikasi Visual. Prof Herri menyampaikan Kampus UPI YPTK merupakan perguruan tinggi yang dibanggakan diwilayah LLDIKTI X (Sumbar, Riau, Jambi, Kepri) yang memiliki mahasiswa terbanyak dan berkualitas. Pada kesempatan ini dilaksanakan, penyerahan Surat Keputusan(SK), Izin Pembukaan Program Studi Teknologi Informasi Progam Doktor (S3) pada Universitas Putra Indonesia YPTK dari Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi diserahkan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah X kepada KetuaYPTK Padang H. Herman Nawas, kemudian diserahkan Oleh Ketua YPTK Padang Kepada Rektor Universitas Putra Indonesia YPTK. Acara berikutnya Penyerahan MOU Antara Universitas Putra Indonesia YPTK dengan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa(Gojek), Diserahkan Oleh Rektor Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Kepada Bapak Febri Andika , Distric Head Gojek West Sumatera. Diharapkan dengan kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas dan mutu dari Kampus UPI YPTK.

Wisuda


Dihari kedua dilaksanakan penandatanganan MOU tridarma perguruan tinggi antara UPI YPTK dengan ISI SURAKARTA. Penandatanganan langsung dilakukan oleh Rektor UPI YPTK Prof. Dr. Sarjon Defit, M. Sc dengan Rektor ISI SURAKARTA Dr. Drs. Guntur, M.Hum. Penandatangan kerjsama berikutnya dengan Wikimedia, diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas dari kampus UPI YPTK.

Informasi Akademik Terbaru

Sejarah

Visi dan Misi

Pimpinan

Fasilitas

Kerja Sama

Struktur Organisasi