UPI YPTK Wisuda 1.573 Lulusan, Siap Kerja dan Berwirausaha Kepala LLDIKTI Wil. X : UPI YPTK PTS Terbaik dan Peringkat Pertama di Sumatera Barat

Padang, Rektor Universitas Putra Indonesia YPTK Padang resmi melantik sebanyak 1.573 orang lulusan pada Wisuda Periode I T.A 2022/2023. Bertempat di Gedung UPI Convention Center, prosesi wisuda dilaksanakan selama tiga hari ( selasa, rabu, dan kamis, 18-20 Oktober 2022 ) dengan kembali menghadirkan orang tua/ wali, setelah lima periode sebelumnya terhalang akibat pandemi Covid-19. Pelantikan wisudawan terdiri dari 38


Pemindahan toga oleh Ketua Senat, Rektor UPI YPTK,
Prof. Dr. H. Sarjon Defit, S.Kom., M.Sc.

lulusan dari program Ahli Madya, 1.404 lulusan dari program Sarjana dan 131 lulusan dari program Magister. Sebanyak 611 lulusan dari Fakultas Ilmu Komputer, 578 lulusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 174 lulusan dari Fakultas Psikologi, 137 lulusan dari Fakultas Teknik, 38 lulusan dari Fakultas Desain Komunikasi Visual dan 35 lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Prosesi pelantikan dibagi tiga hari, dimana hari pertama dilaksanakan untuk program studi S1-Desain Komunikasi Visual, S1-Manajemen dan S2-Manajemen. Kemudian, hari kedua dilaksanakan untuk program studi S1-Psikologi, S1-Sistem Informasi, S1-Pendidikan Bahasa Inggris, S1-Pendidikan Teknik Informatika dan S1-Bimbingan Konseling. Pada hari ketiga dilaksanakan untuk program studi D3-Manajemen Informatika, S1-Teknik Sipil, S1-Teknik Industri, S1-Akuntansi, S1-Teknik Informatika, S1-Sistem Komputer dan S2-Teknik Informatika.

Beberapa wisudawan dari setiap program studi dinyatakan sebagai wisudawan terbaik pada periode ini, diantaranya program Magister (S-2) Manajemen yaitu Dedi Suryadi dari konsentrasi Manajemen SDM, Siti Rahmi Hidayatullah dari konsentrasi Manajemen Keuangan dan Debby Handayani dari konsentrasi Manajemen Pemasaran dengan raihan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4,00. Kemudian dari program Magister (S-2) Teknik Informatika yakni Rafki Mauliadi dari konsentrasi Sistem Informasi dan Nanda Putra dari konsentrasi Teknologi Informasi dengan raihan IPK 3,95.

Selanjutnya, dari program Sarjana (S-1) Manajemen diraih oleh Wea Grace Teo dengan IPK 3,97 dan S-1 Akuntansi diraih oleh Gina Laras Putri dengan IPK 3,74. Kemudian dari program studi S-1 Sistem Informasi diraih oleh M. Hafis Alhamdi dengan IPK 3,75, dari program studi S-1 Teknik Informatika diraih oleh Jordi Esa Putra dengan IPK 3,95, dari program studi S-1 Sistem Komputer diraih oleh David Agustri Syafni dan program studi D-3 Manajemen Informatika yakni Hanny Azhary sama-sama meraih IPK 3,83.Kemudian, lulusan terbaik dari program studi S-1 Psikologi diraih oleh Caroline Vanessa dengan IPK 3,90, program studi S-1 Teknik Industri diraih oleh Melisa dengan IPK 3,96 dan Teknik Sipil diraih oleh Hilga Defitri dengan IPK 3,85. Selanjutnya program studi S-1 Desain Komunikasi Visual diraih oleh Safira Arnizar dengan IPK 3,64. Program
studi S-1 Pendidikan Teknik Informatika diraih oleh Hendika Pamulih dengan IPK 3,53, program studi S-1 Bimbingan Konseling yakni Cerly Kisyan Dewi dengan IPK 3,82 dan lulusan terbaik dari program studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris yaitu Yolla Zellan dengan IPK 3,81. Acara wisuda ini dibuka langsung oleh Ketua Senat, Rektor UPI YPTK Padang, Prof. Dr. H. Sarjon Defit, S.Kom., M.Sc. Dalam sambutannya Rektor UPI YPTK merasa haru dan bangga pada wisuda Periode ke-I T.A 2022/2023 UPI YPTK dapat meluluskan sebanyak 1.573 orang lulusan kepada masyarakat, bangsa dan negara. Sehingga, sampai saat ini Universitas Putra Indonesia YPTK Padang telah meluluskan sebanyak 51.545 orang alumni yang telah bekerja diberbagai instansi/ perusahaan baik dalam dan luar negeri.

Dalam sambutannya Rektor UPI YPTK juga memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan/wati beserta orang tua dan keluarga. Rektor berpesan kepada para wisudawan/wati untuk dapat menerapkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah


Pembukaan Rapat Senat Terbuka oleh Ketua Senat,
Rektor UPI YPTK, Prof. Dr. H. Sarjon Defit, S.Kom., M.Sc.

didapatkan dalam bermasyarakat serta meminta agar terus dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan. “Orang yang akan menang pada Era Society 5.0 bukan orang paling hebat (IQ) tapi orang yang mampu menyesuaikan diri pada perubahan zaman”, tambah Rektor UPI YPTK. Pada kesempatan yang sama, Rektor juga menyampaikan bahwa, di usia ke-37 tahun UPI YPTK Padang telah berhasil memperoleh banyak kemajuan dan prestasi baik di bidang akademik, kemahasiswaan dan bidang lainnya. Diantaranya meningkatnya minat masyarakat untuk belajar di Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, terakreditasinya seluruh program studi
dimana salah satunya ter-akreditasi A (Unggul) untuk program studi Desain Komunikasi Visual, serta berdasarkan SK Direktur Eksekutif BAN-PT No. 521/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/VIII/2022, menyatakan UPI YPTK kembali meraih peringkat akreditasi institusi dengan nilai B. Selain itu UPI YPTK juga telah diberikan izin oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk menyelenggarakan Program Doktor Ilmu Manajemen (S3) dan Doktor Teknologi Informasi (S3). “Saat ini, sebanyak 60 orang dosen UPI YPTK sedang mengikuti perkuliahan Doktor baik dalam maupun luar negeri.” sambung Rektor UPI YPTK.

Kemudian Rektor UPI YPTK juga kembali menyampaikan bahwa UPI YPTK merupakan salah satu kampus di Indonesia yang diberikan bantuan oleh SEASAC (South-East Asian Sales Competition) yang merupakan proyek Capacity Buliding yang ditujukan bagi Perguruan Tinggi di Wilayah Asia Tenggara yang didanai ERASMUS + dari Uni Eropa dan bekerjasama deengan Turku University of Applied Sciences Finlandia sebagai Project Leader. “Dimana pada tanggal 11 Oktober 2022 yang lalu diadakan acara Public Lecture dengan judul The Role B2B Sales in International Business diberikan oleh Dr. Colin Mackenzie yang merupakan enterpreneur, businesman dan dosen tamu bidang Sales dan Leadership dari Edinburgh Napier University, Scotlandia.” tambah Rektor UPI YPTK.


Pemberian Penghargaan kepada salah satu wisudawan terbaik oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi
Komputer (YPTK), Ibu Dr. Hj. Zerni Melmusi, MM, Ak. CA

Selanjutnya Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (YPTK), Ibu Dr. Hj. Zerni Melmusi, MM, Ak. CA dalam sambutannya menyampaikan, “selamat atas keberhasilan wisudawan/ wisudawati serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh wisudawan/ wisudawati, orang tua dan keluarga atas kepercayaan untuk mendidik putra-putri nya sehingga berhasil menjadi Ahli Madya, Sarjana dan Magister di Universitas Putra Indonesia YPTK Padang”.

Dalam sambutannya, Ketua YPTK juga menyampaikan terkait pembinaan dan dorongan yang diberikan dalam pencapaian visi UPI YPTK, yaitu berupa pembinaan pengembangan spiritual, emosional dan fisik, sesuai dengan motto yaitu “Melangkah Lebih Maju”. Salah satu bentuk peningkatan mutu dosen yang diberikan yaitu melalui studi lanjut yang selalu dilakukan oleh Yayasan. Selanjutnya, “dalam rangka meningkatkan jumlah dan mutu penelitian, Yayasan juga memberikan hibah dana penelitian dan pengabdian masyarakat sebesar 4 Milyar per tahun kepada semua dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat serta kenaikan pangkat akademik.”, tambah Ketua YPTK. Kemudian dalam pembinaan fisik, saat ini Yayasan telah menyelesaikan pembangunan fasilitas gedung Student Center yang baru.

Pada akhir sambutan, Ketua YPTK berpesan kepada seluruh wisudawan/wisudawati untuk selalu mempunyai keyakinan bisa berkompetisi dengan lulusan lainnya dan berhasil. “Walaupun pada masa sekarang ini ada isu akan terjadi resesi ekonomi dunia, teruslah bersemangat. Jadikan tantangan- tantangan tersebut menjadi peluang”. “Ada empat kunci sukses dalam hidup ini yaitu keyakinan kepada Allah SWT, semangat, fokus dan patuh.”, pesan Ketua YPTK.

Kepala LLDikti Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi & Kep. Riau), Afdalisma, S.H., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa sektor pendidikan memiliki kaitan langsung dalam perkembangan dan pertumbuhan sosial, ekonomi, dan teknologi. Sehingga perguruan tinggi harus menjadi penyedia sumber daya manusia (SDM) berkualitas untuk mengakselerasi aktivitas kehidupan sosial, ekonomi dan teknologi.


Sambutan Kepala LLDikti Wilayah X (Sumbar, Riau,
Jambi & Kep. Riau), Afdalisma, S.H., M.Pd

Dalam upaya menciptakan SDM yang unggul, Kemdikbud Ristek RI mendorong transformasi di bidang pendidikan tinggi melalui 8 indikator kinerja utama (IKU) sehingga kualitas lulusan, kualitas kurikulum, kualitas dosen dan pengajar. “Untuk itu, LLDIKTI Wilayah X mengharapkan agar Universitas Putra Indonesia YPTK meningkatkan kualitas sistem penjaminan mutu internalnya (SPMI), sesuai dengan standar dari Kemendikbudristek.”, pesan Kepala LLDikti Wilayah X.

Berdasarkan jumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan kerja LLDikti Wilayah X per-Juni 2022 yaitu sebanyak 242 PTS dimana sebanyak 91 PTS berada di Sumatera Barat. “Universitas Putra Indonesia YPTK Padang merupakan perguruan tinggi terbaik dan peringkat pertama yang ada di Sumatera Barat dalam hal kualitas mutu, dosen, jumlah mahasiswa dan tata kelola.”, sambut Kepala LLDikti. Kemudian berdasarkan data LLDikti Wilayah X, UPI YPTK merupakan peringkat ke-2 jumlah mahasiswa terbanyak di empat provinsi (Sumbar, Riau, Jambi & Kep. Riau). Pada wisuda kali ini turut dihadiri juga oleh Ketua Umum Alumni UPI YPTK, Korem 032/Wirabraja, Perbankan, BEM dan DPMU serta beberapa perwakilan dari Perguruan Tinggi dan instansi lainnya. (Dok : Humas Wisuda, UPI YPTK)

Latest News

More

Upcoming Events

Facebook

Twitter